Hati-hati Iri Dengki

Assalamu’alaikum teman-teman!

Kali ini, Fatih ingin membahas tentang hati-hati iri dengki. Umi dan Abi sering mengingatkan Fatih tentang hal ini. Kalian tau nggak, iri dan dengki adalah dua sifat yang paling dibenci oleh Allah SWT. Kata Abi, sebagai sesama manusia, kita harus saling mendukung dan berbaik sangka kepada setiap orang. Iri hati termasuk dalam penyakit hati yang harus dihindari. Allah SWT melarang hambanya untuk bersikap iri kepada sesamanya dalam hal apapun, termasuk urusan kenikmatan dunia.

Umi juga bilang sama Fatih, terkadang perasaan iri sering muncul ketika kita melihat teman memiliki kenikmatan yang banyak. Padahal Allah SWT sudah memiliki takaran rezeki bagi hambanya. Dalam Al-Qur’an surat An Nisa ayat 32, Allah SWT berfirman:
وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Artinya: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain.
(Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Teman-teman, jangan iri dan dengki ya! Karena kedua sifat tersebut milik setan. Sampai jumpa di tulisan Fatih berikutnya ya..

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wa barokaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*